Pada hari Kamis, 11 Februari 2021 lalu, Tim GAMAFORCE UGM melakukan grand launching tim untuk periode kepengurusan tahun 2021. Karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, kegiatan launching berlangsung secara daring dengan menggunakan platform Zoom. Acara tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M. Agr. (Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM), Dr. R. Suharyadi, M.Sc. (Direktur Kemahasiswaan UGM), seluruh dosen pembimbing tim GAMAFORCE, beserta seluruh anggota tim GAMAFORCE 2021.

 

Sambutan ketua GAMAFORCE UGM 2021, Made Naradhipa Kanishka Bayu

Acara tersebut dibuka oleh Made Naradhipa Kanishka Bayu (Nara) selaku Ketua GAMAFORCE UGM 2021 dengan menyampaikan bahwa situasi pandemi yang sedang dialami tidak menjadi halangan bagi tim GAMAFORCE untuk terus berkarya, berkompetisi, dan berprestasi. Nara juga menambahkan bahwa langkah adaptif harus dilakukan selama masa pandemi untuk terus bisa berprestasi dan mempertahankan prestasi yang sudah diperoleh pada tahun-tahun sebelumnya. Sebagai penutup sambutan, Nara juga memohon doa restu agar prestasi GAMAFORCE tetap berlanjut di tahun 2021 ini.

 

Sambutan Ketua Dosen Pembimbing GAMAFORCE 2021, Dr. Andi Dharmawan

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Dosen Pembimbing GAMAFORCE 2021, yaitu Dr. Andi Dharmawan. Dr. Andi Dharmawan menyampaikan kepada seluruh anggota tim GAMAFORCE untuk mempertahankan semangat yang sudah dimiliki dan untuk mematangkan persiapan lomba sehingga gelar juara umum Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2021 bisa kembali ke pangkuan Universitas Gadjah Mada.

 

Sambutan Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. R. Suharyadi, M.Sc.

Acara launching dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dr. R. Suharyadi, M.Sc. selaku Direktur Kemahasiswaan UGM. Beliau mengutarakan keoptimisan dan menjelaskan bahwa acara perkenalan ini tidak hanya merupakan peresmian estafet kepengurusan, tetapi juga merupakan langkah meneruskan estafet prestasi. Beliau menegaskan untuk selalu menjaga sportivitas dan mematuhi peraturan dalam berkompetisi karena itulah makna kemenangan sesungguhnya. Disampaikan juga oleh beliau bahwa kegiatan GAMAFORCE tidak hanya untuk persiapan lomba saja, tetapi juga merupakan bentuk wujud kegiatan merdeka belajar.

 

Sambutan oleh wakil rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan UGM, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M. Agr.

Acara launching GAMAFORCE 2021 juga dihadiri oleh pimpinan Universitas Gadjah Mada, yaitu Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M. Agr. selaku wakil rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan. Beliau atas nama pimpinan Universitas Gadjah Mada mengucapkan terima kasih kepada GAMAFORCE atas prestasi yang sudah dicapai demi mengharumkan nama besar Universitas Gadjah Mada baik pada kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Beliau berharap kepada GAMAFORCE untuk selalu berinovasi dan menciptakan inovasi-inovasi baru pada setiap tahunnya. Beliau berpesan kepada Fakultas Teknik selaku leading sector tim GAMAFORCE UGM untuk dapat menciptakan produk yang monumental dengan menerapkan akses lintas disiplin, yakni dengan mengajak dan berkolaborasi dengan seluruh fakultas yang ada di UGM sehingga dapat menciptakan suatu super team yang dapat bersaing dengan universitas lain.

 

Proses penandatanganan plakat peresmian GAMAFORCE UGM 2021 oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan UGM, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M. Agr.

Selanjutnya, dilakukan pemutaran video penandatanganan plakat peresmian kepengurusan oleh Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M. Agr. selaku wakil rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan sebagai simbol peresmian Tim GAMAFORCE 2021.

 

Video perkenalan Subtim GAMAFORCE UGM 2021

Kemudian, dilakukan pemutaran video perkenalan tim GAMAFORCE UGM 2021. Dalam video diperkenalkan anggota Pengurus Harian, Manajemen, dan subtim GAMAFORCE. Subtim tersebut terdiri atas Rasayana dari divisi Racing Plane, GMFC (Gadjah Mada Fighting Copter) dari divisi Vertical Take-Off and Landing, Fiachra Aeromapper dari divisi Fixed Wing, Khageswara dari divisi Technology Development yang terbagi menjadi tiga sub-tema yaitu Propulsion System, Flight Controller, dan Airframe Innovation, subtim internasional Ashwincarra, serta Sayakawidya yang merupakan subtim baru di GAMAFORCE yang berfokus pada research and development mengenai UAV.

 

Penyampaian kuliah umum oleh Bapak Asro Nasiri, S.Si., M.Kom.

 

Sesi foto bersama seluruh anggota tim GAMAFORCE UGM 2021

Acara launching GAMAFORCE UGM 2021 ditutup dengan penyampaian kuliah umum oleh Asro Nasiri, S.Si., M.Kom. selaku co-founder FROGS Indonesia dan sesi foto bersama seluruh anggota tim GAMAFORCE UGM 2021.

Categories: BLOG

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.